Krisis Siklus 10 Tahunan Dimulai

Baca artikel di situs FBS

Banyak  investor trader membuat pemetaan trading di grafik, sebelum berita besar masuk. Tidak ada yang salah dengan perilaku tersebut, asalkan sesuai dengan karater trading anda, tetapi tidak sedikit investor trader forex melakukan analisa dengan membaca artikel, menelaah data ekonomi serta menganalisanya sebelum berita / data besar masuk pasar, sehingga entry point dilakukan setelah beberapa saat setelah berita masuk, mengingat fluktuasi harga sudah tidak terlalu tinggi. Trader yang mempunyai perilaku terakhir ini, biasanya lebih mendahulukan keamanan bertransaksi dibandingkan dengan sensasi dalam setiap transaksinya.

Saat ini sedang terjadi perebutan investor guna memarkir dananya di suatu negara. Semua dikarenakan pemerintah ingin menarik investor yang berujung pada kesejahteraan rakyatnya. Cara ini dilakukan oleh semua negara, tidak terkecuali  Amerika dan China, selama perang dagang berlangsung. Banyaknya investor yang masuk ke negara mereka, merupakan kekuatan dalam bentuk keuangan, ekonomi dan politik, sehingga Amerika atau China dapat menggunakan pengaruhnya demi kepentingan mereka. Inilah yang menyebabkan perang dagang Amerika dan China, belum dapat mereda karena tekanan Amerika terhadap China bukan saja difokuskan dalam bidang perdagangan tetapi rusaknya kestabilan ekonomi dan keuangan China .Kedepannya Amerika berharap dapat membuat negeri tirai bamboo tersebut duduk dan bernegoisasi seperti yang Amerika inginkan.

Pertumbuhan ekonomi Amerika yang baik serta rencana kenaikan suku bunga The Fed , merupakan katalisator bagi para pelaku pasar untuk memindahkan investasinya ke negeri paman sam. Keadaan ini tentunya membuat semua negara berkembang, yang mengandalkan hutang luar negeri untuk membangun negerinya, harus mengalami krisis, sampai sampai Presiden Argentina harus memohon pencairan bantuan tahun 2019 untuk dicairkan saat ini, kepada IMF. Defisit neraca berjalan dan cadangan devisa negara yang menipis dinegara berkembang akan menjadi awal Krisis Keuangan Siklus 10 tahunan.

Dengan melihat gejala ini maka China sebagai negara nomor 2 terkuat ekonomi didunia, akan menghadapi resiko dengan penurunan aktivitas manufaktur,.Jika semua negara dilanda krisis, maka China tidak dapat menjual produk nya keluar negeri, untuk itu bantuan kepada Turki serta Afrika Selatan merupakan langkah preventif dari China agar krisis global dapat dicegah dan sekaligus membangun pasar yang baru, mengingat rintangan memasarkan product China ke Amerika mulai bertambah sulit untuk ditembus. Strategy lain dari China guna mempengaruhi investor dapat masuk ke negeri tersebut disaat pasar equitas melemah adalah, membuka pasarnya untuk hutang pemerintah kepada investor asing, yang sebelumnya hanya terbatas sekitar 7%. Ini merupakan kebijakan dari pemerintah China yang cukup strategis guna memecah fokus para pelaku pasar untuk memarkir uangnya di Amerika.

Pertumbuhan ekonomi yang masih diatas 6,7 % dengan neraca perdagangan yang surplus, serta hutang per GDP yang masih dibawah 50%, merupakan daya tarik yang cukup signifikan guna merebut investor dari pasar saham serta mengalihkan padangan pada pasar Amerika. Stabilitas ekonomi, keuangan , politik serta keamanan di China dapat membuat obligasi negara tersebut sebagai safe haven di saat ketidakpastian melanda.

 

CANADA

Banyak spekulasi terhadap arah pergerakan mata uang dollar Canada karena hari ini akan ada pertemuan / rapat Bank of Canada. Dengan melihat turunnya kinerja pabrikan, angka ritel sales serta sector perumahan, maka sulit bagi Bank of Canada untuk menaikan suku bunga pada hari ini. Kenaikan suku bunga acuan oleh Bank of Canada pada bulan Juli , tentunya berdasarkan solidnya inflasi dan sector tenaga kerja, sehingga kenaikan suku bunga jika di mungkinkan ada pada bulan Oktober 2018. Penguatan mata uang Canada akan terjadi jika terdapat kenaikan suku bunga nanti malam dengan target 1.3041. sebaliknya pelemahan mata uang Canada diprediksi dapat terjadi jika tidak terdapat kenaikan suku bunga dan keputusan Trump masih bulat terhadap Canada tidak dapat masuk NAFTA jika tidak mengikuti perjanjian yang baru.

usdcad 5 sept.png

AUSTRALIA

Turunnya pasar ekuitas, tentunya akan membawa dampak pada mata uang Aussie, sehingga dengan jatuhnya indeks saham diseluruh dunia, akan membuat mata uang AUDUSD tertekan sampai kelevel 0,7120 – 0,7170 an dengan koreksi 0,7230 an

AUDUSDWeekly 5 sept.png

Reza Aswin

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.